Arah Seni adalah sebuah proses yang menuntun kreasi elemen visual pada sebuah desain. Seorang pengarah seni memanfaatkan dan mengintegrasikan berbagai elemen dalam sebuah desain untuk menghasilkan sebuah tampilan tertentu dan merasa karya seni yang dihasilkan mengandung ekspresi yang dibutuhkan dan menyampaikan pesan yang tepat.

Seorang Pengarah seni menyusun proses visual kreatif pada suatu proyek dan memutuskan estetika pada desain. Seorang Pengarah seni tidak melakukan fotografi, menghasilkan ilustrasi, membangun set atau gaya untuk model pada pengambilan foto, tapi dia akan menentukan arah keseluruhan dan tujuan visual proyek. Tujuan yang disediakan oleh Pengarah seni akan fokus kepada upaya kreatif pada kerjasama dalam tugas, yang mungkin menyertakan fotografer, seorang ilustrator dan seorang pengembang pada perumpamaan komputer.

Desainer Grafis menempati suatu peran sentral dalam proses desain, mengkoordinasi dan membawa bersama berbagai macam elemen desain dari individu-individu yang bertugas pada spesialisasi yang berbeda. Posisi sentral ini berarti bahwa sudah biasa bagi mereka menempati posisi pengarah seni juga. Seorang desainer akan mempunyai peta mental tentang apa yang mereka mau untuk tugas terakhir dan akan mengkomunikasikan ide pada fotografer, ilustrator, penata rambut, dll untuk mencapai tampilan yang dibutuhkan. Ini mungkin melibatkan dengan luas penentuan warna palet untuk digunakan sebagai tambahan untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan ad hoc selama produksi pada berbagai elemen.

Pengarah seni fokus pada pencapaian hasil visual yang spesifik, yang mungkin terinspirasi oleh pengaruh berbagai macam trend dan fashion berbeda terkini. Suatu perspektif bersejarah atau futuristik, sebuah tema fakta, seperti teknologi terdepan, atau sebuah sikap atau emosi tergantung hasil yang dibutuhkan. Ini adalah tugas pengarah seni untuk memastikan semuanya terjadi.

Hasil pengarah seni yang berhasil dalam sebuah desain yang masuk akal dan bersatu dengan target penonton akan menemukan hal yang dapat dipercaya dan/atau atraktif. Desainnya yang dihasilkan dari proses ini dan dapat menjadi sangat kuat, dan ini adalah pengarah seni yang bertanggung kawan pada produksi gambar yang menambahkan banyak nilai ke pengembangan brand.

Photobucket

BRINDABELLA
Ini adalah gambar-gambar dari sebuah proyek yang diciptakan oleh 3 Deep Design untuk memposisikan Brindabella, sebuah potongan pertunjukan oleh BalletLan, yang menampilkan pengembangan proyek dari inisial sketsa pada konsep visual kepada konstruksi set untuk pengambilan gambar, pembuatan gambar hero dan poster akhir adalah hasil dari proses ini. Contoh ini menunjukkan jumlah pekerjaan yang dapat melibatkan pembuatan sebuah identitas visual dan tujuan seni penting untuk memanfaatkan elemen berbeda dan disiplin yang menyangkut pencapaian akhir. Desainer Grafis terus meningkat pada pusat proses tujuan seni untuk menjamin visi sketsa pada konsep panggung direalisasikan sesuai niat.

Sumber : The Fundamentals of Graphic Design oleh Gavin Ambrose/Paul Harris. Hal. 96.

Diterjemahkan Oleh : Riki Ramadhani (50408724)