Pertama yang harus diperhatikan adalah anda harus sudah menguasai dasar-dasar Blender. Jika anda sudah mahir, tidak akan terjadi masalah yang berarti.

Pertama Buka Blender dengan area kerja baru , lalu pilih (select) objek “cube”, dengan klik kanan pada objek “cube”. Lalu hapus objek “cube” dengan menekan “Delete”, dan lalu klik “Erase select objek”. Sekarang masukkan gambar(load image) yang akan dibuat menjadi objek 3D. Klik menu “View”

Lalu pilih “Background image”,lalu isikan Blend:0.80, lalu klik tombol load, kemudian buka file gambarnya dan klik load. Gambar yang akan kita masukkan(load) berfungsi sebagai garis bantu, agar membuat logo 3Dnya menjadi lebih mudah.

Setelah itu tambahkan sebuah objek “curve” dengan menekan “Space” lalu pilih “Add” > “Curve” > “Bezier Curve”. Lalu akan muncul sebuah objek curve. Kemudian masuk ke Edit mode dengan menekan “Tab” lalu klik tombol “Poly”. Lalu tekan “A” Untuk menghilangkan semua seleksi vertex. Setelah itu pindahkan tiap vertex sesuai dengan gambar berikut.

“Tips”

  • · Gunakan “Alt” + klik kiri untuk menghilangkan seleksi (unselect) pada vertex.
  • · Gunakan “Roller pada mouse atau tombol yg paling tengah di mouse ke atas dan bawah untuk memperbesar area seleksi dan mengecilkan area seleksi.

Jika semua vertex objek curve sebelah kiri telah dipilih (select), kemudian tekan “Shift”+”D” + ”X” lalu geser kesamping kanan dan klik kiri. Seperti gambar.

 

Lalu tekan “R” + “Y” tekan 180 pada keyboard, lalu tekan “Enter”. Seperti gambar.

 

 

Lalu tekan panah warnah “Merah”, sesuaikan objek dengan gambar.

Sekarang logonya sudah menjadi 3D. Tapi logonya belum siap untuk dirender harus dilakukan perbaikan dulu pada logonya. Pertama rotate objek logo dengan menekan “R” + “X” lalu tekan 90 pada keyboard.

Kemudian Convert objek logo yang berasal dari objek “Curve” menjadi objek “Mesh”. Tekan “Alt” + “C” lalu klik kiri” pada Convert to “mesh”. Kemudian masuk ke “Edit mode” tekan “Tab”, lalu tekan “A” untuk menselect semua vertex, lalu tekan “W” kemudian pilih “Remove Doubles”. Keluar lagi dari “Edit mode” tekan “Tab”.

Sekarang logonya siap untuk digunakan membuat animasi, rendering dan lainnya. Tekan “F12” untuk melihat hasil render, jangan lupa atur dulu lampunya, materialnya dan cameranya. Tekan “Alt” + “A” untuk memainkan Animasi.

sumber : disini.

Karena terdapat kesalahan terhadap peng-uploadan gambar, maka post aslinya (dengan gambar) dapat di download disini : Membuat logo 3D dengan Blender