Baiklah, pada ulasan blog kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang blender dari asal mula software ini diciptakan dan kegunaan mendasar dari Blender ini. Menurut info yang didapat dari Wikipedia :

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Sepertinya wikipedia tidak menyediakan info terlalu banyak tentang software ini😀. Maka dari itu saya mencari dari sumber lain dengan bantuan google. Berikut adalah sedikit sejarah tentang Blender :

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum


Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

Blender, saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu adalah sebuah alat untuk membuat jus, namun dalam dunia Grafis Blender merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).

Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana

– Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
– Ram 64Mb
– VGA 4Mb
– Disk Space 35Mb
– Windows 2000 dan lebih, Linux,

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan 3DMax.

Tutorial untuk aplikasi ini juga gak terlalu banyak. Sehingga kita akan sulit buat mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Kalian bisa mendapat tutorial blender dalam bahasa indonesia di inbelnder.blogspot.com kunjungi aja situs itu meskinpun tidak bisa mendapatkan tutorial blender yang banyak namun bisa sangat membantu dalam mulai belajar membuat obyek dan animasi menggunakan blender.

Keunggulan Blender 3D

1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
3. texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,
4. rendering, compositing, post production dan game creation.
5. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
6. bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
7. dan sistem operasi yang lainnya.
8. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
9. cepat dan efisien.
10. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
11. File Berukuran kecil.
12. Free (gratis).

Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai

berikut :

1. Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur
2. kerja tak tertandingi
3. Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang
4. Anda suka
5. dengan dukungan terjemahan internasional
6. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva
7. editor, NLA, tampilan 3D dll)
8. text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
9. text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
10. Custom tema
11. Antarmuka konsisten di semua platform

Ada baiknya kita menggunakan Blender dari pada 3Dmax. Karena Blender itu merupakan OSS yang bersifat freeware jadi kita tidak akan berdosa jika menggunakan ini. Rata rata orang yang menggunakan 3Dmax akan meng – crack serial numbernnya. Itu sudah termasuk dalam pembajakan dan dapat merugikan perusahaan yang memiliki wewenang. Itu sudah termasuk dosa😀.

Okeh, sekian penjelasan tentang software pembuat grafis animasi 3D ini.
Regard, @rikiexed

sumber : disini, disini, dan disini.