Bertemu lagi di artikel terbaruūüôā. Pada artikel kali ini, saya ditugaskan untuk membahas salah satu genre dari genre-genre game yang tersedia di dunia per-game-an ini. Sebenarnya ada banyak sekali genre dari game yang telah saya mainkan semenjak saya baru mengenal game konsol sampai sekarang yang lebih memilih untuk bermain di PC saja :p. Tetapi, akhir-akhir ini saya tertarik jenis game yang mengusung cara bermain RPG (Role Playing Game) secara online yaitu MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game).

Menurut Wikipedia :

Massively multiplayer online role-playing game adalah permainan peran komputer yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media internet dan jaringan.

Pertama kali kita harus tahu apa itu MMORPG. Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) adalah suatu jenis permainan yang berbasis dari konsep permainan Role Playing Game (RPG) yang bisa kita mainkan di berbagai tempat dan berbagai waktu oleh bayak pemain. Game MMORPG secara umum berlandaskan perjalanan kehidupan dari sebuah karakter yang dimainkan oleh player atau pemain. Pemain MMORPG dari suatu tempat harus bisa melihat dunia yang sama dengan dunia yang dilihat dari sudut pandang pemain lain.

Ada beratus-ratus game online bertipe MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti nexia hingga 3D tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Persamaan yang mereka miliki pada

  • Adanya¬†Quest atau¬†Misi yang membuat dia mendapat uang atau barang
  • Dapat bekerja sama dalam sebuah ‘team’/tim,¬†guild atau¬†clan.
  • Mempunyai standar permainan¬†RPG bertipe ‘Slash-em-up’ atau bertipe memukul monster untuk dapat naik level. Kebanyakan memanfaatkan sistem tersebut, ada beberapa game yang tidak memfokuskan pada ‘slash-em-up’ tetapi pada quest seperti Everquest

·       Teknologi Game pada MMORPG

Game bertipe massivemulti player membawa fenomena baru dalam dunia game saat ini, kadang untuk memainkan game ini dibutuhkan server dalam jumlah yang besar yang nantinya mampu menangani pertukaran data yang terjadi, karena pada game ini memiliki skala jaringan pada Internet.
Dapat kita bayangkan kita betah berjam-jam untuk memainkan game ini. Ini dikarenakan game ini memiliki beberapa karakter, skenario, dan dapat berinteraksi antar pemain satu dengan yang lainnya.

Pada game ini biasanya menggunakan beberapa software pendukung seperti untuk membuat animasi seperti C/C++, flash, renpy, ruby dan masih banyak yg lainnya.

Dibawah ini akan di tampilkan bagaimana bagan untuk membuat sebuah game :

tabel
1. Yang harus kita lakukan pertama kali adalah membuat sebuah konsep dasar dari game yang akan kita buat. Bisa berupa pemikiran-pemikiran yang nantinya akan kita tuangkan kedalam sebuah media.

2. Kita tentukan jalan cerita didalam game yang akan kita buat, biasanya game MMORPG mengambil jalan cerita dari sebuah perjalanan hidup sang karakter tersebut.

3. Kemudian kita tentukan karakter yang akan kita tampilkan nantinya didalam game ini. Karakter ini kita dapat membuat interface nya dengan menggunakan software-software khusus animasi atau 3D seperti 3D-Max, 3D Studio, RenPy dan masih banyak yang lain.

4. Selanjutnya kita tentukan latar yang kita gunakan pada game ini. Misalkan game ini bercerita tentang peperangan abad pertengahan Eropa dan sebagainya.

5. Setelah kita selesai membuat alur diatas, pastinya kita memerlukan background music pada game ini. Tidak akan menarik sebuah game tanpa adanya musik yang menjadi ciri khas game tersebut. Kita pilih musik yang sesuai dengan latar game tersebut.

6. Selanjutnya kita gambar model-model yang bersangkutan. Seperti karakter, objek benda mati dan lain sebagainya dengan menggunakan software pengolah gambar.

7. Kemudian kita tentukan irama gerakan yang akan kita gunakan, maksudnya seperti cara berjalan atau berlari karakter, gerakan-gerakan khusus pada karakter. Seperti tertawa, menangis bahkan marah.

8. Setelah ke 7 tahap selesai kita buat, maka masuklah ke dalam proses inti dari sebuah pembuatan game. Yaitu pembuatan programnya untuk dapat menjalankan game ini. Program yang di gunakan dapat berupa software pemrograman biasa ataupun yang khusus untuk pembuatan game. Seperti C/C++, Ruby, Phyton, Java dan lain-lain.

9. Setelah program selesai dibuat, maka masuklah kepada tahap testing atau percobaan game. Ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah game yang dibuat sudah benar-benar sempurna atau masih terdapat bug-bug di bagian tertentu.

10. Setelah dicoba ternyata game berhasil dibuat dan tidak ada bug lagi, maka akhir hasilnya berupa game itu sendiri, dan siap untuk dimainkan.

Contoh dari game MMORPG

Contoh MMORPG

Pandora Saga Online merupakan sebuah MMPORPG fantasi 3D yang dikisahkan berada dalam dunia mistik pada abad pertengahan Eropa. Game ini diterbitkan oleh GonzoRosso dari negara Malaysia. Dengan menggunakan grafik 3D yang sangat halus yang dapat memanjakan para gamers dalam memainkan game ini.

Didalam game ini tidak menggunakan save, load and quit. Semua kegiatan di dalam game ini akan otomatis langsung tersimpan di dalam server yang memiliki kapasitas sangat besar. Jadi player tidak perlu save atau load apabila ingin memainkan atau keluar dari game ini. Yang perlu diperhatikan player harus Log Out apabila ingin keluar dari game ini. Agar sistem dalam server dapat bekerja dengan baik. Apabila player langsung menekan Alt + F4, hal ini akan memberatkan sistem pada server yang nantinya bisa berdampak pada kerusakan sistem.

Pada game MMORPG ini menggunakan RPG Maker (R.M.) sebagai software pembuat game ini.

R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain ‚ÄúSuikoden ‚Äú atau ‚ÄúFinal Fantasy‚ÄĚ,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang ‚Äďorang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin . Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

Sumber : Wikipedia dan disini