Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang VRML (Virtual Reality Modelling Language). Menurut Wikipedia :

VRML (Virtual Reality Modelling Language dibaca: ver-mel) adalah sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar obyek tiga dimensi melalui jaringan jagat jember (World Wide Web).

Kode ekstensi yang digunakan untuk file-file VRML adalah *. wrl . Untuk membuka halaman sebuah situs yang memuat VRML, web browser haruslah sebuah browser VRML atau web browser yang dilengkapi dengan plug-in VRML.

Apa itu VRML?

VRML (virtual reality modeling language) adalah sebuah bahasa pemograman yang di ciptakan khusus membuat objek-objek 3Dimensi. objek-objek yang dibuat dengan VRML akakn memiliki 3 buah dimensi panjang, lebar, dan kedalaman, sehingga dapat dipandang dari setiap sudut.

Jika anda pernah menggunakan HTML untuk membuat webpage, maka penggunaan VRML tidak kalah mudahnya. Anda tinggal mengetikkan serangkai perintah-printah 7yang mudah di hafalkan pada program penyutingan kata (misalnya Notepad pada windows), menyimpan file VRML tersebut, lalu langsung dapat di tampilkan pada semua browser yang dapat menampilkan VRML.

VRML juga menggunakan prinsip OP (object oriented programmating), sam seperti bahasa pemrograman generasi baru lainnya.
Prinsip ini membagi setiap bagian di dalam progarm menjadi objek-objek yang terpisah-pisah.

Kelebihan VRML
VRML memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak digunakan untuk membuat dunia tiga dimensi. Diantaranya yaitu :

  • Bahasanya mudah dan sederhana
    Cepat
    Fleksibel
    Dinamis
    Interaktif

Aplikasi VRML
Beberapa aplikasi VRML yaitu :

  1. Arsitektur : digunakan untuk membuat bangunan mirip aslinya, di mana nda ingin menjelajahi setiap[ sudut bangunan seperti mengunjungi langsung.
  2. Bisnis ; bagi uahawan VRML adalah ajang bagus untuk membuat promosi produknya dalam 3 dimensi.
  3. Hiburan : anda dapar berekreasi di komputer anda melalui VRML ini.
  4. Homepage : kini sudah banyak poerusahaan menggunakan VRML untuk membuat webpage atau homepage-nya jauh menarik.
  5. Ilmu pengetahuan : Anda bisa membuat sebuah anatomi tubjuh 3D yang dapat diputar0putar, membuat struktur molekul, tata surya planet-planet , dan sebagainya.
  6. Militer : saat ini di bidang militer VRML digunakan untuk meletakan daerah-daerah operasi militer , yang nantnya digunakan untuk meletakkan pasukan, atau bahkan digunakan sebagai panduan untuk smart missile (peluru kendali ).
  7. Pendidikan : bisa digunakan sebagai sarana pendidikan yang efisien.
  8. Rekayasa : VRML digunakan untuk membuat atau merekayasa suatu rancangan seperti mobil, banguann pesawat terbang.
  9. Sejarah :L semua bangunan sejarah masa lampau bisa direkayasa kembali secar 3D dengan VRML.
  10. Seni :kita dapat membuat sebuah museum virtual yang memiliki ruang berbagai macam benda seni.
  11. Sosialisasi : VRML digunakan untuk dapat meninjau keadaan baik sekarang maupun yang akan datang.

Sekilas Tentang VRML 97
Pengertian VRML97

VRML97 adalah spesifikasi Virtual Reality Modeling Language yang telah diresmikan oleh ISO (international Standard Organization) pada bulan April 1997 sebagai bahasa VRML standar dunia. Spesifikasi ini masih belum mengalami perubahan, meskipun telah dilakukan upaya-upaya penyempurnaan. Menurut informasi terbaru (juli 1999).

Para pakar VRML telah menyempurnakan desain spesifikasi VRML 1.0 dengan memperbaiki node (perintah dasar VRML) lama dan memberikan berbagai node baru untuk menambah kemampuan interaktif. Selain itu, VRML97 memungkinkan user melakukan desain lingkungan virtual 3D lebih realistis disertai dengan animasi 3D.

Pemrograman ini memiliki keunggulan dalam pembuatan dunia maya, yaitu :

1. Lebih Interaktif

Pada VRML97, suatu objek didalam lingkungan virtual dapat leluasa berinteraksi secara langsung tanpa mempengaruhi objek lain.

2. Lebih Reality

Dalam pemrograman ini objek juga dapat disimulasikan dengan lingkungan serealistis mungkin, sehingga suatu lingkungan virtual 3D dapat diciptakan menyerupai aslinya.

3. Lebih Dinamik

VRML97 dikatakan lebih dinamik karena objek yang dibuat dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain ataupun dapat dibuat perubahan warna objek atau sumber cahaya secara otomatis.

Pada penulisan ini objek yang akan dibuat lebih realistis dan interaktif tetapi tidak dinamis, sebab objek ini adalah suatu bentuk bangunan. Dimana lebih diutamakan keaslian seperti objek sesungguhnya.

Hirarki dan Struktur

Dunia VRML terbangun dari stuktur yang terhirarki. File VRML sendiri adalah hirarki yang paling atas yang terdiri dari header, scene-graph, prototype dan event routing. Struktur yang paling bawah adalah node yang terdiri dari filed yang berisi property dan informasi tentang node yang dimilikinya. Secara garis besar, scene-graph merupakan kumpulan dari node yang dibangun. Tetapi node yang berisikan field inipun bisa juga berisi node lainnya, sehingga dapat membentuk struktur cascading. Pada penulisan ini dibuat contoh bentuk sederhana dari pemrograman VRML97 agar bisa dibayangkan bagaimana bentuk strukturnya.

#VRML V2.0 utf8

Group {

children [

Shape {

Appearance Appearance {

material Material {

diffuseColor 1 0 0

}

}

geometry Box {size 2 2 2}

}

]

}

pada contoh tersebut scenegraph digambarkan menjadi sebuah kotak berwarna merah yang berukuran 2 x 2 x 2 (gambar 2.1)

gambar

Gb 2.1 Scene terdiri dari kotak berwarna merah dengan latar belakang gelap

keterangan singkat dari source code pada contoh, Group adalah salah satu jenis node yang mempunyai field children . Dalam field children didefinisikan lagi node Shape yang mempunyai field appearance dan geometry . Dalam field geometry didefinisikan node Box yang mempunyai field size, yang merupakan informasi geometri dari objek kotak. Kalau diperhatikan, node selalu diawali dengan huruf besar, sedang field dengan huruf kecil. Sekarang akan dibahas lebih rinci dari struktur yang membentuk file VRML.

Sumber : disini, disini, dan disini